SILABUS MATA PELAJARAN: MATEMATIKA (PEMINATAN)
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas : X
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1. Menghayati dan mengamalkan agama yang
dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap senang, percayadiri,
motivasi internal, sikap kritis, bekerjasama, jujur dan percayadiri serta
responsif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu yang terbentuk
dari pengalaman belajar dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam
2.3 Berperilaku peduli , bersikap terbuka dan
toleransi terhadap berbagai perbedaan di dalam masyarakat.
|
|||||
3.1. Mendeskripsikan dan menganalisis berbagai
konsepdan prinsip fungsi eksponensial dan logaritma serta menggunakannya
dalam menyelesaikan masalah
3.2. Menganalisisdata sifat-sifat grafik fungsi
eksponensial dan logaritma dari suatu permasalahan dan menerapkannya dalam
pemecahan masalah.
|
Fungsi
Eksponensial dan Logaritma
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian fungsi, mengamati
grafik fungsi, sifat-sifat grafik fungsi eksponensial dan fungsi logaritma,
dan penerapannya pada masalah nyata
dari berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian fungsi,
grafik fungsi eksponen dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada
pengertian fungsi, grafik fungsi eksponen dan logaritma, dan penerapannya
pada masalah nyata.
Mengasosiasi
●Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat
pada pengertian fungsi,grafik fungsi eksponen dan logaritma, dan penerapannya
pada masalah nyata.
● Menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian fungsi,
grafik fungsi eksponen dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian fungsi, grafik fungsi
eksponen dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan,
tulisan, dan grafik/diagram.
|
Tugas
● Membaca dan mencermati mengenai
pengertian fungsi, grafik fungsi, sifat-sifat grafik fungsi eksponensial dan
fungsi logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata minimal dari 2 sumber
belajar (buku, artikel cetak, atau elektronik).
● Mengerjakan latihan soal-soal mengenai
pengertian fungsi, grafik fungsi eksponen dan logaritma, dan penerapannya
pada masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari
tugas-tugas yang yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai
pengertian fungsi, grafik fungsi eksponen dan logaritma, dan penerapannya
pada masalah nyata.
|
9 x 3 jam pelajaran
|
● Buku Teks Pelajaran Matematika
Peminatan kelas X.
● Buku referensi dan artikel.
● Internet.
|
4.1. Menyajikan grafik fungsi eksponensial dan
logaritma dalam memecahkan masalah nyata terkait pertumbuhan dan peluruhan.
4.2. Mengolah data dan menganalisis menggunakan variabel dan menemukan relasi
berupa fungsi eksponensial dan logaritma dari situasi masalah nyata serta
menyelesaikannya.
|
●
|
||||
3.3 Mendeskripsikan dan menerapkan konsep
sistem persamaan linier dan kuadrat dua variabel (SPLKDV) dan memilih metode
yang efektif untuk menentukan himpunan penyelesaiaanya
3.4 Menganalisis nilai diskriminan persamaan
linier dan kuadrat dua variabel dan menerapkannya untuk menentukan himpunan penyelesaian sistem
persamaan yang diberikan.
|
Sistem Persamaan Linier dan Kuadrat Dua
Variabel
|
Mengamati
Membaca dan mencermati mengenai
pengertian, metode penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan penerapannya pada
masalah nyata dari berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian,
metode penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat
pada pengertian, metode penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan penerapannya
pada masalah nyata.
Mengasosiasi
● Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian, metode penyelesaian SPLKDV,
diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.
● Menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian, metode
penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
pengertian, metode penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan penerapannya pada
masalah nyata dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
● Membaca dan mencermati mengenai
pengertian, metode penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan penerapannya pada
masalah nyata minimal dari 2 sumber belajar (buku, artikel cetak, atau
elektronik).
● Mengerjakan latihan soal-soal mengenai
pengertian, metode penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan penerapannya pada
masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari
tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis
bentuk uraian mengenai pengertian, metode penyelesaian SPLKDV, diskriminan,
dan penerapannya pada masalah nyata.
|
6 x 3 jam
pelajaran
|
● Buku Teks Pelajaran Matematika
Peminatan kelas X.
● Buku referensi dan artikel.
● Internet.
|
4.3
Memecahkan dan menyajikan hasil pemecahan masalah nyata sebagai
terapan konsep dan aturan penyelesaian sistem persamaan linier dan kuadrat
dua variabel.
4.4
Mengolah dan menganalisis informasi dari suatu permasalahan nyata
dengan memilih variabel dan membuat model matematika berupa sistem persamaan
linier dan kuadrat dua variabel dan mengiterpretasikan hasil penyelesaian
sistem tersebut.
|
●
|
||||
3.5
Mendeskripsikan konsep sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel dan
menerapkannya untuk menentukan himpunan penyelesaiannya.
3.6 Menganalisis kurva pertidaksamaan kuadrat
dua variabel pada sistem yang diberikan dan mengarsir daerah sebagai himpunan
penyelesaiannya.
|
Sistem Pertidaksamaan Kuadrat Dua
Variabel
|
Mengamati
Membaca dan mencermati mengenai
pengertian, metode penyelesaian, kurva
sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel (SPtdKDV), dan penerapannya
pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat pertanyaan pengertian, metode
penyelesaian, kurva SPtdKDV, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat
pada pengertian, metode penyelesaian, kurva
SPtdKDV, dan penerapannya pada
masalah nyata.
Mengasosiasi
● Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian, metode penyelesaian, kurva SPtdKDV, dan penerapannya pada masalah
nyata.
● Menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian, metode
penyelesaian, kurva SPtdKDV, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
pengertian, metode penyelesaian, kurva
SPtdKDV, dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan, tulisan,
dan grafik/ diagram.
|
Tugas
Membaca dan
mencermati mengenai pengertian, metode penyelesaian, kurva SPtdKDV, dan penerapannya pada masalah
nyata minimal dari 2 sumber belajar (buku, artikel cetak, atau elektronik).
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari
tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis
bentuk uraian mengenai pengertian, metode penyelesaian, kurva SPtdKDV,
dan penerapannya pada masalah nyata.
|
6 x 3 jam
pelajaran
|
● Buku Teks Pelajaran Matematika
Peminatan kelas X.
● Buku referensi dan artikel.
● Internet.
|
4.5 Memecahkan
masalah dengan membuat model matematika berupa sistem pertidaksamaan kuadrat
dua variabel serta menyajikan pemecahannya dengan berbagai cara.
|
●
|
||||
3.7 Mendeskripsikan dan menerapkan konsep
pertidaksamaan dan nilai mutlak dalam menentukan himpunan penyelesaian
pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak.
3.8 Mendeskripsikan dan menerapkan konsep
pertidaksamaan pecahan, irasional, dan mutlak dalam menyelesaikan masalah
matematika.
3.9 Mendeskripsikan dan menerapkan konsep dan
sifat-sifat pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak dengan melakukan
manipulasi aljabar dalam menyelesaikan masalah matematika.
3.10 Menganalisis
daerah penyelesaian pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak.
|
Pertidaksamaan
mutlak,
pecahan, dan
irrasional
|
Mengamati
Membaca dan mencermati mengenai
pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan
pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata dari
berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian,
metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan,
irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat
pada pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak,
pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah
nyata.
Mengasosiasi
● Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada
pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak,
pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah
nyata.
● Menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian, metode
penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan,
irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata
Mengomunikasikan
Menyampaikan
pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak,
pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah
nyata dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
● Membaca dan mencermati mengenai
pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak,
pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah
nyata minimal dari 2 sumber belajar (buku, artikel cetak, atau elektronik).
● Mengerjakan latihan soal-soal mengenai
pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak,
pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah
nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari
tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis
bentuk uraian mengenai pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan
nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya
pada masalah nyata.
|
6 x 3 jam
pelajaran
|
● Buku Teks Pelajaran Matematika
Peminatan kelas X.
● Buku referensi dan artikel.
● Internet.
|
4.6 Memecahkan masalah pertidaksamaan pecahan,
irrasional dan mutlak dalam
penyelesaian masalah nyata.
|
●
|
||||
3.11
Mendekripsikan konsep dan aturan pada bidang datar serta menerapkannya dalam
pembuktian sifat-sifat (simetris, sudut, dalil titik tengah segitiga, dalil
intersep, dalil segmen garis, dll) dalam geometri bidang.
|
Geometri
Bidang Datar
|
Mengamati
Membaca dan mencermati mengenai
pengertian titik, garis, sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik, garis,
sudut, dan bidang dalam geometri bidang datar, dan penerapannya pada masalah nyata dari
berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian
titik, garis, sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik, garis, sudut, dan
bidang dalam geometri bidang datar, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat
pada pengertian titik, garis, sudut, bidang dan sifat–sifat pada titik,garis,
sudut, dan bidang dalam geometri bidang datar, dan penerapannya pada masalah
nyata.
Mengasosiasi
● Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian
titik, garis, sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik, garis, sudut, dan
bidang dalam geometri bidang datar,
dan penerapannya pada masalah nyata.
● Menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan pengertian titik, garis,
sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik, garis, sudut, dan bidang dalam
geometri bidang datar, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
pengertian titik, garis, sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik, garis,
sudut, dan bidang dalam geometri bidang datar, dan penerapannya pada masalah
nyata dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
● Membaca dan mencermati mengenai
pengertian titik, garis, sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik, garis,
sudut, dan bidang dalam geometri bidang datar, dan penerapannya pada masalah
nyata minimal dari 2 sumber belajar (buku, artikel cetak, atau elektronik).
● Mengerjakan latihan soal-soal mengenai
pengertian titik, garis, sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik, garis,
sudut, dan bidang dalam geometri bidang datar, dan penerapannya pada masalah
nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari
tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis
bentuk uraian mengenai pengertian titik, garis, sudut, bidang dan sifat
–sifat pada titik, garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang datar, dan
penerapannya pada masalah nyata.
|
8 x 3 jam
pelajaran
|
● Buku Teks Pelajaran Matematika Peminatan
kelas X.
● Buku referensi dan artikel.
● Internet.
|
4.7 Menyajikan data terkait objek nyata dan
mengajukan masalah serta mengidentifikasi sifat-sifat (kesimetrian, sudut,
dalil titik tengah segitiga, dalil intersep, dalil segmen garis, dll)
geometri bidang datar yang bermanfaat dalam pemecahan masalah nyata tersebut.
|
●
|
||||
3.12
Mendeskripsikan konsep persamaan Trigonometri dan menganalisis untuk
membuktikan sifat-sifat persamaan Trigonometri sederhana dan menerapkannya
dalam pemecahan masalah.
|
Persamaan Trigonometri
|
Mengamati
Membaca dan mencermati mengenai
pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan identitas trigonometri, dan penerapannya pada masalah
nyata dari berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian,
teknik penyelesaian persamaan dan identitas trigonometri, dan penerapannya
pada masalah nyata.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat
pada pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan identitas trigonometri,
dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasi
● Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada
pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan identitas trigonometri, dan penerapannya pada masalah
nyata.
● Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan pengertian, teknik penyelesaian persamaan
dan identitas trigonometri, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, teknik
penyelesaian persamaan dan identitas trigonometri, dan penerapannya pada
masalah nyata dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
Membaca dan
mencermati mengenai pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan
identitas trigonometri, dan
penerapannya pada masalah nyata minimal dari 2 sumber belajar (buku, artikel cetak
atau elektronik).
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai
pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan identitas trigonometri, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari
tugas-tugas yang berkaitan dengan identitas trigonometri, kemudian membuat
refleksi diri.
Tes
Tes tertulis
bentuk uraian mengenai pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan
identitas trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata.
|
6 x 3 jam
pelajaran
|
● Buku Teks Pelajaran Matematika
Peminatan kelas X.
● Buku referensi dan artikel.
● Internet.
|
4.8 Mengolah dan menganalisis informasi dari
suatu permasalahan nyata dengan membuat model berupa fungsi dan persamaan
Trigonometri serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah.
4.9 Merencanakan dan melaksanakan strategi
dengan melakukan manipulasi aljabar dalam persamaan Trigonometri untuk
membuktikan kebenaran identitas Trigonometri serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah kontekstual.
|
No comments:
Post a Comment