Wednesday, 18 September 2013

PENGERTIAN HASIL BELAJAR



Pengertian Hasil Belajar
Tujuan pendidikan yang ingin dicapai menurut Sudjana (2005 : 49) dapat dikategorikan menjadi tiga bidang yakni bidang kognitif (pengasaan intelektual), bidang afektif (berhubungan dengan sikap dan nilai) serta bidang psikomotor (kemampuan atau keterampilan bertindak).
Belajar (learning) merupakan kegiatan paling pokok dalam mencapai perkembangan individu dan mempermudah pencapaian tujuan institusional suatu lembaga pendidikan (Rakhmat, dkk 2006 : 48). Hal ini berarti berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan pendidikan itu sangat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa yang terlihat dari hasil belajarnya. Sedangkan pengertian hasil belajar menurut Abdurahman (2003 : 37) adalah kemampuan yang diperoleh setelah melalui kegiatan belajar. Sedangkan pengertian hasil belajar menurut Gagne (dalam Surya, 2004 : 42) merupakan keluaran dari pemprosesan informasi yang berupa kecakapan manusia yang terdiri atas :
a.    Informasi verbal adalah hasil pembelajaran yang berupa informasi yang dinyatakan dalam bentuk verbal (kata-kata atau kalimat) baik secara tertulis ataupun lisan.
b.    Kecakapan intelektual adalah kecakapan individu dalam melakukan interaksi dengan lingkungan dengan menggunakan symbol-simbol. Kecakapan intelektual ini mencakup kecakapan dalam membedakan, konsep konkrit, konsep abstrak, aturan dan hukum-hukum.
c.    Strategi kognitif adalah kecakapan individu untuk melakukan pengendalian dalam mengelola keseluruhan aktivitasnya. Dalam proses pembelajaran, strategi kognitif ini kemampuan mengendalikan ingatan dan cara-cara berfikir agar terjadi aktivitas yang efektif.
d.   Sikap adalah hasil pembelajaran yang berupa kecakapan individu untuk memilih berbagai tindakan yang akan dilakukan. Dengan kata lain, sikap dapat dirtikan sebagai keadaan didalam diri individu yang akan member arah kecenderungan bertindak dalam menghadapi suatu objek atau rangsangan.

Sumber :
-       Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
-       Rakhmat, Cece, dkk. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: Upi Press
-       Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
-       Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Bani Quraisy.
 

No comments:

Post a Comment