Pengertian Hasil Belajar
Tujuan pendidikan yang ingin dicapai menurut
Sudjana (2005 : 49) dapat dikategorikan menjadi tiga bidang yakni bidang
kognitif (pengasaan intelektual), bidang afektif (berhubungan dengan sikap dan
nilai) serta bidang psikomotor (kemampuan atau keterampilan bertindak).
Belajar (learning) merupakan kegiatan paling
pokok dalam mencapai perkembangan individu dan mempermudah pencapaian tujuan
institusional suatu lembaga pendidikan (Rakhmat, dkk 2006 : 48). Hal ini
berarti berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan pendidikan itu sangat
bergantung pada proses belajar yang dialami siswa yang terlihat dari hasil
belajarnya. Sedangkan pengertian hasil belajar menurut Abdurahman
(2003 : 37) adalah kemampuan yang diperoleh setelah melalui kegiatan belajar.
Sedangkan pengertian hasil belajar menurut Gagne (dalam Surya, 2004 : 42)
merupakan keluaran dari pemprosesan informasi yang berupa kecakapan manusia yang
terdiri atas :
a. Informasi verbal
adalah hasil pembelajaran yang berupa informasi yang dinyatakan dalam bentuk
verbal (kata-kata atau kalimat) baik secara tertulis ataupun lisan.
b. Kecakapan
intelektual adalah kecakapan individu dalam melakukan interaksi dengan
lingkungan dengan menggunakan symbol-simbol. Kecakapan intelektual ini mencakup
kecakapan dalam membedakan, konsep konkrit, konsep abstrak, aturan dan
hukum-hukum.
c. Strategi
kognitif adalah kecakapan individu untuk melakukan pengendalian dalam mengelola
keseluruhan aktivitasnya. Dalam proses pembelajaran, strategi kognitif ini
kemampuan mengendalikan ingatan dan cara-cara berfikir agar terjadi aktivitas
yang efektif.
d. Sikap adalah
hasil pembelajaran yang berupa kecakapan individu untuk memilih berbagai
tindakan yang akan dilakukan. Dengan kata lain, sikap dapat dirtikan sebagai
keadaan didalam diri individu yang akan member arah kecenderungan bertindak
dalam menghadapi suatu objek atau rangsangan.
Sumber :
- Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan
Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Rakhmat, Cece,
dkk. 2006. Psikologi Pendidikan.
Bandung: Upi Press
- Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar
Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
- Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan
Pengajaran. Bandung: Bani Quraisy.
No comments:
Post a Comment