Pengertian Pembelajaran
Proses belajar berkaitan erat dengan proses pembelajaran. Maka peristiwa belajar yang disertai dengan proses
pembelajaran akan lebih terarah dan sistematik daripada belajar yang hanya
semata-mata dari pengalaman dalam kehidupan sosial masyarakat.
Dalam pembelajaran terdapat suatu pesan untuk dikomunikasikan. Pesan itu
berupa materi subjek khusus, arahan bagi siswa sebagaimana perolehan terbaik
dalam belajar, pertanyaan tentang isi yang dipelajari, umpan balik untuk
membantu isi yang dipelajari, umpan balik untuk membantu siswa dan informasi
yang lainnya.
Menurut Hamalik (2001: 61), “Pembelajaran adalah upaya mengorganisasi
lingkungan untuk menciptakan kondisi belajar bagi peserta didik.” Sejalan
dengan pengertian tersebut, Suherman dkk. (2001:9) mengatakan,
Proses
pembelajaran adalah proses pendidikan dalam lingkup persekolahan, sehingga arti
dari proses pembelajaran adalah proses sosialisasi individu siswa dengan proses
lingkungan sekolah, seperti guru, sumber/fasilitas, dan teman sesama siswa.
Dari beberapa pengertian tentang pembelajaran di atas, dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran adalah suatu aktivitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan
sebaik-baiknya dan menghubungkannya dengan siswa, sehingga terjadi proses
belajar. Lingkungan dalam pengertian tersebut bukan hanya ruang kelas atau
ruang belajar, tetapi meliputi guru, alat-alat pembelajaran, perpustakaan,
laboratorium dan sebagainya yang relevan dengan kegiatan belajar siswa. Dalam
konsep komunikasi menurut Suherman. (2001: 9), “Pembelajaran adalah proses
komunikasi fungsional antara siswa dengan guru dan siswa dengan siswa, dalam
rangka perubahan sikap dan pola pikir yang akan menjadi kebiasaan bagi siswa
yang bersangkutan.”
Berdasarkan pengertian di atas, maka dalam pembelajaran seorang guru
berperan sebagai komunikator, siswa sebagai komunikan, dan materi yang
dikomunikasikan berisi pesan berupa ilmu pengetahuan. Seorang guru dalam suatu
proses pembelajaran, selain harus komunikatif, juga harus selalu siap dengan
adaptasi berbagai teknik pembelajaran yang meliputi strategi, pendekatan dan
metode yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk menghadapi berbagai siswa
yang berbeda bakat, kemampuan dan kebutuhannya, guna tercapainya suatu tujuan
pembelajaran yang efektif dan efisien.
Sumber :
Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:
Bumi Aksara.
- Suherman, Erman 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
Bandung: JICA UPI Bandung.
No comments:
Post a Comment