Konsep menurut Carrol (dalam Trianto 2010 : 158)
merupakan suatu abstraksi dari serangkaian pengalaman yang didefinisikan
sebagai suatu kelompok objek atau kejadian. Matematika merupakan ilmu tentang
konsep sebagaimana diungkapkan oleh James dan James (dalam E. T. Ruseffendi,
1993: 42) bahwa matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan,
besaran dan konsep-konsep yang saling berhubungan satu sama lainnya. Sehingga
bisa dikatakan fungsi belajar matematika di sekolah adalah belajar konsep
Sehubungan hal tersebut, maka guru harus memiliki pengetahuan yang memadai
tentang konsep-konsep yang diajarkan pada siswa.
Sumber :
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran
Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media.
- Ruseffendi, E. T. 1993. Materi Pokok Pendidikan Matematika. Jakarta:
Universitas Terbuka.
No comments:
Post a Comment